Updates from July, 2006 Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • Subhan Toba 1:49 pm on Thursday, July 20, 2006 Permalink | Reply  

    Seberapa Aman Komputer Lo dari Bahaya Digital? 

    Program-program security di dalam komputer saat ini ibarat penjaga gawang dari berbagai macam ancaman terhadap komputer kita; virus, adware, spyware, hacker attack de el el. Dengan semakin mudahnya perpindahan data dari satu komputer ke komputer lainnya, maka semakin besar pula potensi ancaman bahaya yang ada. Apalagi buat mereka yang komputernya terhubung ke internet, ditambah apabila mereka mereka menyimpan data-data berharga didalamnya. Masih segar dalam ingatan, bagaimana seorang perwira Pasukan Bela Diri Maritim Jepang yang dengan ceroboh menyimpan file berisi data rahasia korpsnya di komputer pribadinya di rumah, kemudian pc tersebut terkena virus, dan melayanglah data rahasia itu, alias bocor! :o . Bagi pengguna biasa pun (yang nggak sampe punya dokumen penting sekelas rahasia negara atau perusahaan), keamanan komputernya tidak bisa dianggap remeh. Selain karena bisa (sangat) mengganggu, juga dapat menimbulkan senewen sendiri. Misalnya data-data anda terhapus atau rusak oleh virus, adware yang rese dan maksa terus menerus muncul, atau trojan dan worm yang membuat komputer anda bekerja sangat-sangat goblok dan tidak dalam kapasitasnya (gak lucu dong komputer prosesor 3.06 GB tiba-tiba cpu usage-nya naek sampe 100% padahal gak ada program ato servis bener yang lagi jalan) <_< . Buat gue pribadi (kebetulan nih pc kadang konek ke internet) keamanan termasuk penting, yah lebih baik mencegah daripada ngobatin sambil maki-maki dan makan ati kan :angry: . Perangkat keamanan yang gue pake cuma anti-virus Kaspersky Personal Pro, firewall ZoneAlarm Pro v3.1. Nah kemaren gue buka-buka pdf majalah PCMedia, dan di bagian ulasan softwarenya gue nemuin PC SECURITY TEST 2006. Fungsi dari aplikasi itu adalah buat menguji sejauh mana ketangguhan pertahanan komputer kita terhadap serangan virus, spyware, dan hacker.

    Bagaimana aplikasi tersebut bekerja? Dari penjelasan yang ada di aplikasi itu begini: aplikasi bakal menjalankan beberapa simulai serangan palsu terhadap komputer kita. Dalam Standard Test-nya aplikasi akan menjalankan 3 kategori serangan; Anti-Hacking Protection Test, Anti-Virus Protection Test, dan Anti-Spyware Protection Test.

    Untuk Anti-Hacking Test, dia bakal coba deteksi port-port tidak terpakai yang mestinya ditutup oleh program firewall, kemudian melakukan simulasi port-scanning terhadap komputer kita. Anti-Virus Test-nya bakal ngelakuin 4 macem simulasi serangan virus; perubahan terhadap registry (dalam hal ini penambahan entry ‘add at windows startup’), penginfeksian dengan virus yang dikenal (EICAR), penginfeksian dengan virus yang tidak dikenal, juga dengan menginfeksi virus yang berjalan di memori. Anti-Spyware Test akan ngejalanin simulasi serangan spyware yang menyerang memori, memasukkan komponen spyware ke IE, juga simulasi spyware yang merubah startup page nya IE.

    Dan gue jalankan test terhadap komputer gue ini, ternyata hasilnya tidak begitu bagus. Untuk Anti-Hacking dapet predikat Good Protection (100%), Anti-Virus Fair Protection (30%, cuma bisa ngatasin 1 di antara 3 macem serangan), dan Spyware protection dapet Insufficient Protection (0%). Kaget juga ngeliat hasilnya, terutama bagian anti-virus, soalnya anti virus yang gue banggain cuma segitu kemampuannya (kata aplikasinya siiih :P ). Tapi gue semakin yakin dengan kurang optimalnya Kaspersky gue karena kemaren komp gue berlaku gak wajar (terdapat gejala terinfeksi), tapi nih antivirus bilang ga ada apa-apa :huh: .

    Ok lanjut ke aplikasi tadi. Selain paket pengujian standard, masih ada dua paket pengujian lainnya (Email Test dan Browser Test), dan satu paket Proof Mode. Pengujian email dilakukan cukup sederhana yaitu akan menguji keamanan server email anda dengan mengirimkan email berlampirkan virus, jika email itu ada, nongkrong di inbox lo, berarti kurang pengamanannya. Browser Test akan menguji keamanan browser. Terakhir Proof Mode adalah fitur yang menunjukkan secara gamblang (dengan praktek nyata) apa yang dapat dilakukan oleh aplikasi-aplikasi jahat terhadap komputer anda. Hehehehe cobain deh contoh gimana kalo ada aplikasi jahat mengambil alih kontrol atas hardware lo :rolleyes: .

    Aplikasinya sebesar 845 Kb, gratis, bisa didownload di : http://www.pc-st.com/us/. Dan cuma untuk PC berbasis Windows ajah :P

     
  • Subhan Toba 11:35 pm on Tuesday, July 18, 2006 Permalink | Reply  

    Good by msn search 

    MSN –> Google. Hahahahaha, good bye MSN Search. Sekarang buat nge-search isi situs ini gue pake servisnya Google Search.

     
  • Subhan Toba 10:59 am on Friday, July 14, 2006 Permalink | Reply  

    Just the matter of time 

    Semuanya, apapun itu, tinggal menunggu waktu.

    All this BIG ‘TEMPORARY FOLDER’, will be emptied, even the folder itself will be erased.

     
    • aves 10:59 am on Friday, July 14, 2006 Permalink | Reply

      but, don’t forget to check and re check first the folder, if there some “nice stuff”, please tell me before delete hehehehe…

  • Rumi 10:38 am on Tuesday, July 4, 2006 Permalink | Reply  

    Ke”AKU”an. 

    Lepaskan segala kata itu
    jangan ikat diri dengan kalimat itu
    biarkan jiwa bebas menari dalam pusaran
    yang berpusar pada sumber segala kata

    Kata Akulah yang mengikat dirimu
    lepaskan seluruh kalimat dari “aku” “kamu”
    dialah dualitas itu
    bukan ke-Tunggal-an seperti yang dikira

    Masih bergunakah kata aku
    bagi lilin yang menghadapi pelita semesta ini
    bagi segala hewan hutan dihadapan sang Singa

    lepaslah keakuanmu dan terimalah pancarn cinta dari dari-Nya
    seperti Musa di Thursina
    Ibrahim dan Apinya
    Mushtafa dan perangainya.

     
c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel