Updates from May, 2010 Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • Subhan Toba 5:40 pm on Friday, May 28, 2010 Permalink | Reply  

    Update: Jum’at, 28-Mei-2010 

    Update Jum’at, 28 Mei 2010: 

    Main Tank: 

    1. Tampilan main tank hari ini, baru habis dibersihin lumutnya dari kaca pakai kartu dan sikat botol bayi.
      Image

      .

    2. Anemon berulah lagi. Siang ini gue liat dia mengkerut ke dalam celah pertemuan dua karang, tempat dia menempel. Saya cek ikan-ikan masih lengkap, berarti dia bukan lagi makan sesuatu.
      Image

      .
    3. Instalasi auto-run battery air-pump. Ini gue buat dan pasang karena pengalaman pernah kehilangan ikan disebabkan oleh mati lampu. Memang kondisinya saat itu ikan saya over-stock. Sehingga mati lampu selama 6-7 jam dapat membuat kadar oksigen dalam air lebih cepat habis. Saat itu ikan yang lemah mati, dan yang lebih kuat malah jadi sakit. Setelah mencoba merawat akuarium dengan jalan yang benar menurut literatur para master, saya jadi merasa jauh lebih sayang kepada para penghuni tank, mungkin karena sudah susah payah kali ya. Dan saya jadi benar-benar membutuhkan alat ini.
      Image


      Image
      test running

      .

    4. Pods yang ada di main display:
      Image

      .
    5. Sejauh ini, saya masih kasih makan ikan pake Marine-S. Padahal ini pakan dialokasikan untuk tank karantina, dan sudah ada juga pelet dari Tetra (selama ini saya cuma pake merk itu, dan Marine S).

      .
    6. Kabar skimmer hari ini:
      Image

      .
    7. Refugium:
      1. Tampilan refugium hari ini, brown algae makin lebat di kaca. Sekilas ada yang tampak tidak beres terjadi di dalam refugium……….
        Image
        Tidak tampak batang caulerpa yang menjulur ke atas (???)

        Image

        dari atas terlihat hijau-hijau saja, tapi ada yang gak beres kayaknya.


        .
      2. Akhirnya saya nekat membersihkan itu lumut-lumut di kaca refugium. Saya bilang nekat karena sebetulnya masih ingin lihat lagi efek brown algae dan pertumbuhan pods. 
        Image
        Ketika dibersihkan, pods-pods itu ada yang lari ke depan atau loncat nempel di kartu, atau loncat bebas ke air (lepas dari kaca)
        .
      3. ENG ING EEEENNNGGGGG. Waaaah ternyata itu caulerpa sudah roboh, mirip gedung WTC. Saya gak habis pikir, kemarin masih kelihatan tegak, bahkan cabangnya semakin banyak yang menjulur ke atas. 

        Image
        O my god…

        Saya perhatikan lebih dekat lagi, dan menemukan bahwa sebagian batang caulerpa masih berwarna hijau, dan sebagian lagi sudah memutih. Kesimpulan sementara yang bisa saya ambil adalah bahwa terjadi pembusukan di bagian bawah cabang caulerpa (yang menempel pada batu), karena kalau gak gitu, mana mungkin bisa roboh secara merata.
        Image

        Kecurigaan lainnya adalah disebabkan oleh snail-snail kecil yang mulai banyak muncul di refugium.
        Image

        Hal lain yang dicurigai sebagai penyebabnya adalah brown algae yang menyelimuti sebagian batang caulerpa, terutama dibagian pangkal batang caulerpa.
        Image

        .
      4. Snail-snail kecil entah darimana mulai bermunculan, sebelumnya saya hanya menemukan 1 ekor saja (pada tgl 17 Mei). Sejauh ini hanya terlihat satu snail dengan ukuran terbesar.
        Image
        Image
        Image
        dedengkot snail di refugium saya.

        Image
        Tampak ada snail yang lebih kecil menempel disamping kanan snail terbesar ini. Entah itu anakan baru, atau emang cuma numpang aja si kecilnya.


        .
      5. ‘UFO’ ini pun semakin banyak jumlahnya. Sebagai pengingat saja (saya sebutkan di log sebelumnya), awalnya di refugium tidak tampak tanda-tanda mahluk ini, kemudian saya pindahkan 2 ekor dari display tank ke refugium. Dan sekarang sudah berlipat ganda jumlahnya. Tidak jelas betul, apakah dia berkembang biak, atau pindah sendiri dari main tank. Gaya berenangnya persis seperti ubur-ubur (Jelly fish). Kadang menempel di kaca, atau diatas pasir. Sekarang ini rata-rata pada ngetem diatas pasir, mungkin karena kaca refugium dikuasai copepods. (klik gambar untuk memperbesar)
        Image Image Image Image
        Image Image Image Image
        Image Image Image
         Image
        Image

      6. Amphipod yang berukuran 3-4mm ini masih saja bersembunyi di bawah batu tempat pertama kali saya temukan mereka. Bergerombol.
        Image

        .
      7. Mahluk lainnya. Saya bertanya-tanya, apakah ini bibit dari cacing pipa atau cacing kelapa. Terlihat dari dua sungutnya yang menjulur keluar, sama seperti cacing kelapa dewasa juga punya dua sungut yang kadang keluar seperti itu. Tapi kalo bener itu cacing kelapa, kok saya juga nemuin banyak cacing-cacing kelapa kecil yang dari kecilnya pun sudah punya ‘bulu-bulu’, sedangkan ini nggak. Dan terdapat dua ‘varian’ mahluk ini, pertama yang belum memiliki ‘pipa’ dari pasir, ini julurannya bisa panjang, dan satu lagi yang sudah mulai punya pipa. Saya pikir, cuma Tuhan dan para master yang tahu binatang apakah ini :D
        Image

        Image
        bentuk lain sebelum mereka punya ‘rumah’


        Image


    Quarantine Tank:

    1. Nothing happened


    Out of topic:

    • WISHLIST dalam saltwater hobby saat ini:
      1. Tester Nitrit, Nitrat, dan Calcium merk Salifert.
    • Masih lumayan log report perkembangan untuk bulan Juni :lol: 
      Image
      folder gambar log harian

     
  • Subhan Toba 5:38 pm on Thursday, May 27, 2010 Permalink | Reply  

    Update: Kamis, 27-Mei-2010 

    Update Kamis, 27 Mei 2010 :

    Main Tank:

    1. Tampilan Main tank hari ini. iseng coba-coba angle baru
      Image

      Image

      .
    2. –nothing much happened in the display area–

      .
    3. Refugium:
      1. Tampilan refugium hari ini, dengan dihiasi bintang-bintang pods.
        Image

        .
      2. Sulit foto dari depan, saya coba foto caulerpa dari atas. batangnya yang menonjol ke permukaan terlihat jelas mencuat sedikit ke atas air.
        Image

        Image
        Sayang gak bisa lebih detil lagi dari gambar ini

        .
      3. Batang caulerpa masih dijangkiti green algae, dan juga snail kecil yang wara-wiri makan algae di batangnya. Terlihat ada cabang caulerpa yang memutih.
        Image

        .


    Quarantine Tank:
    **nothing significant, sedang running filter biologi sambil nahan sabar gak nambah biota dulu x_x**

     
  • Subhan Toba 5:37 pm on Wednesday, May 26, 2010 Permalink | Reply  

    Update: Rabu, 26-Mei-2010 

    UPDATE Rabu 26 Mei 2010 :

    Main Tank:

    1. Tampilan Main Tank hari ini. Orang rumah pada komentar "’gersang’ amat sih? Kok gak ada karang yang julur-julur lagi?" Ya maksud mereka kenapa gak piara coral, biar terlihat lebih hidup. Saya cuma bilang ribet, belom siap :lol: Tapi saya akuin emang terlihat gersang dan sepi (ya iyalah, cuma ada 2 L6 yang berenang sana-sini).
      Image

      .
    2. Anemon karpet jaya. Hal yang masih belum saya ngerti, kadang tentakel karpetnya itu terlihat sangat rapat dan hijau terang, terkadang terlihat jarang seperti yang tampak pada foto dibawah ini.
      Image

      .
    3. Baru kali ini saya lihat clown berenang sejauh ini dari host-nya, sepertinya mereka lapar, karena memang 2 hari ke belakang saya telat terus ngasih makannya baru pas sore.
      Image

      .
    4. Refugium:
      1. Alangkah cepatnya perkembangan algae di refugium yang disinari 24×7 ini (geleng-geleng kepala):
        Image

        Image

        .
      2. Tapi disamping pertumbuhan brown algae yang cepat itu, ada hal lain yang menyenangkan. PODS mulai banyak berkeliaran di kaca-kaca!!! :D :D :D :D :D Pertama saya bingung bagaimana cara memfotonya, tapi secara gak sengaja dapet gambarnya waktu kamera BB dijepret dari jarak yang agak jauh (biasanya posisi cuma berjarak maks 5 cm dari kaca refugium). Saya semakin ragu untuk membersihkan algae di refugium (kepentingan eskosistem lebih penting dari kebutuhan foto kan :P ).
        Image

        Image

        .
      3. Semakin banyak saja cabang caulerpa yang menjulur ke permukaan air. Tapi juga algae terus menyelimuti tangkai-tangkainya.
        Image

        .


    Quarantine Tank :

    1. Akhirnya siang ini saya memaksakan diri untuk membuat filter biologis untuk tank karantina. Sebelumnya cari-cari dulu bodi skimmer Jebo 180 yang entah disimpan dimana (ketemunya di dapur). Begitu ditemukan ternyata kondisinya sangat-sangat kotor, skimmate dari tahun lalu tidak dibersihkan, ragu banget bisa bersih. Tapi ternyata setelah coba dicuci dengan busa spons dan sikat botol bisa kinclong lagi :smt003 :smt003 

      Jadi alurnya gini, dari pump ke UV sterilizer, baru ke tabung jebo yang berisi bioball. Pemilihan media biologis nya bisa dibilang kelamaan mikir, saya terus menimang-nimang apakah pake ceramic atau bioball. Kalo ceramic mesti beli dulu, kalo bioball dah ada lebih dari 100 (stok lama). Akhirnya pilih bioball, karena saya pikir kalo ceramic kan berpori, takut malah jadi nyerap dan nyimpen copper bukan bakteri :p

      Memang kepikiran, apakah bisa bakteri hidup di lingkungan karantina ini. Yang mana nantinya bakal ada treatment menggunakan copper dan UV sterilizer. UV sterilizer tidak terlalu saya pusingkan, karena dia hanya membunuh bakteri yang terkena sinarnya saja, tapi copper ini yang masih gak jelas efeknya. Tapi, gak ada ruginya juga dicoba
       
      :D

      Image

     
  • Subhan Toba 5:35 pm on Tuesday, May 25, 2010 Permalink | Reply  

    Update: Selasa, 25-Mei-2010 

    Update Selasa, 25 Mei 2010:

    **tidak ada yang signifikan**

     
  • Subhan Toba 10:05 pm on Monday, May 24, 2010 Permalink | Reply  

    Mengejar Cita-cita 

    Selagi usia kita masih sangat muda, betapa mahluk yang bernama cita-cita itu terasa begitu dekat, tampak begitu mungkin diraih. Dan seluruh energi kita dengan sadar dan tidak sadar dikerahkan untuk menggapainya.

    Dan waktu berlalu, alam semesta menyaring mereka yang memang betul-betul pantas mendapatkan yang diidamkan. Sebagian lagi tinggal memendam cita-citanya dalam relung hati yang remang, berpendar tanpa tenaga, menunggu momentum yang hampir mustahil.

    Memang sifat usia adalah melapukkan segalanya. Menunjukkan bahwa hanya ada Satu yang Kekal. Usia memakan tenaga, kecerdasan, prinsip, idealisme, keinginan mencari, dan tentu saja jatah waktu berkarya di dunia.

    Kejarlah cita-cita sekuat tenaga, selagi jiwa raga ikhlas menjalaninya. Ketika kita mulai mengejar cita-cita karena terpaksa, kita sudah terlambat dan hanya mengejar omong kosong.

     
  • Subhan Toba 5:34 pm on Monday, May 24, 2010 Permalink | Reply  

    Update: Senin, 24-Mei-2010 

    Update Senin 24 Mei 2010:

    Main Tank :


    1. Kabar skimmer hari ini:
      Image Image
      Skimmer tanggal 20 mei —————————> Skimmer hari ini (24 Mei)

      .
    2. Sekitar jam 2 pagi tadi, saya iseng liat tank, dan dapetin pemandangan anemon karpet ‘tidur’ juga para clown. Lucu, anemon nunduk ke bawah kayak layu, sementara kepala clown nongol kayak yang diselimutin. 
      Image

      .
    3. Alat cek PH murahan ini memang ngaco rupanya, masa lampu nyala 8.1, pas lampu mati mendadak langsung robah ke 8.3. Harga emang ga nipu :p
      Image

      .
    4. REFUGIUM:
      1. Penampakan hari ini, lumut semakin banyak di kaca dan pasir, ragu banget untuk ngebersihinnya:
        Image

        Image
        .
      2. Tidak ada kemajuan pada potongan anggur ini, semakin memutih saja.
        Image

        .
      3. Coklat-coklat di serabut caulerpa ini sepertinya algae.
        Image

        .
      4. Di atas pasir ada beberapa area yang mencurigakan, sepertinya ada mahluk yang habis gali lobang. Coba perhatikan lagi ‘tumpukan’ kecil pasir pada foto dibawah:
        Image

        Image

        .
      5. Didekat batu yang ini pun ada semacam bekas galian, dan herannya, kenapa pasir di sekitar batu bersih dari algae:?: 
        Image


    Refugium

    1. Air masih bersirkulasi, belum juga dibuat filter biologisnya.

     
c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel