Spiral Tantangan 

Menjadi seorang enterpreneur dikatakan butuh keberanian dan kemauan untuk keluar dari zona nyaman seseorang. Dan mungkin beberapa orang berfikir itu hanya terjadi sekali ketika dia memulai, tapi ternyata tidak demikian kenyataannya.

Sebagian orang mengatakan keluar dari zona nyaman berarti menempatkan diri pada sisi tebing yang curam. Posisi yang selalu dikelilingi ancaman dan ketidakpastian, sehingga pilihan Anda adalah fokus untuk
mencari solusi yang dapat membuat Anda survive, atau jatuh terpuruk ke dalam jurang.

Dari sisi profesi, tahun 2012 merupakan tahun peralihan saya dari pekerja perusahaan IT sekaligus pelaku usaha desain interior kepada niat fokus berbisnis Zippo. Berbagai krisis terjadi, pada tataran ekonomi keluarga, konsep bisnis, hubungan personal dan profesional. Namun saya selalu berusaha untuk tidak menyerah, saya ikuti alur semua masalah yang terpapar di muka. Saya merasa ada di era pendadaran kawah candradimuka yang memelanting saya kesana-kemari. Kondisi-kondisi yang memaksa saya keluar dari zona kenyamanan, dan beberapa kali harus mengoreksi cara dan pemahaman yang saya miliki akan segala sesuatu.

Pada 2013 mulai timbul titik terang, impian memiliki toko Zippo offline mulai dapat diwujudkan. Lagi-lagi di situ saya dipaksa keluar dari zona kenyamanan. Pola hidup yang sangat tidak teratur pada dua tahun sebelumnya harus dirubah ke pola yang baru. Saya harus berangkat ke toko pagi, dan pulang ketika agak malam, mencari karyawan, menaikkan jumlah penjualan, dan secara sosial menjalani posisi ketua komunitas dengan segala macam dinamikanya.

Pada akhirnya, saya yakin ketika Anda memiliki kemauan untuk maju, Anda akan menghadapi spiral ‘krisis’ yang memaksa Anda berulang kali keluar dari zona nyaman Anda, pada posisi manapapun Anda berpijak. Baik sebagai pekerja maupun seorang enterpreneur. Krisis-krisis tersebut berisikan tantangan-tantangan baru yang menanti untuk dijawab. Dan bersyukurlah Anda ketika tantangan yang Anda hadapi selalu berbeda dan semakin bertambah tingkat kesulitannya.